Tips Bagaimana Cara Memasak Ayam yang Empuk dan Renyah

Anda mungkin sering masak ayam dengan cara goreng, bakar, kukus atau lainnya. Ada dengan bumbu kecap manis, pedas, gulai dan lain-lain. Berikut ini tips dan trik bagaimana cara masak mengolah ayam agar daging menjadi empuk.

tips-bagaimana-cara-memasak-ayam-yang-empuk-dan-renyah

1. Tak usah mencuci daging ayam.

Wajar bila Anda mencuci ayam sebelum memasaknya, karena Anda pasti berpikir ayam yang sudah tampak bersih setelah dicuci tentu lebih siap diolah. Tetapi, hal ini sebenarnya kurang tepat, karena kemungkinan akan terjadi kontaminasi silang. Saat mencuci ayam, patogen dari wastafel dan daerah sekitar wastafel akan berpindah ke ayam yang Anda sedang cuci. Mencuci  ayam sendiri sebenarnya tidak pernah menghilangkan patogen yang sudah hinggap di ayam. Lebih baik, pindahkan ayam ke loyang, dan sebisa mungkin hindarkan kontak langsung dengan wastafel. Setelah itu bersihkan wastafel dengan air hangat dan cairan pemutih.

2. Tidak menggunakan alas plastik untuk memotong daging

Talenan plastik lebih mudah menjebak bakteri, terutama bila pada permukaannya terdapat alur-alur atau guratan bekas pemakaian pisau. Bila tak dibersihkan dengan seksama, bakteri akan tertinggal dan siap mengkontaminasi makanan.

3. Cuci tangan sebelum memasak

Mengapa para koki profesional tidak pernah memanjangkan kuku atau mengenakan aksesori seperti cincin? Sebab, mereka tidak ingin menyediakan tempat sedikit pun untuk bakteri. Lupa mencuci tangan akan membuat bakteri bersembunyi di bawah kuku. Anda tidak ingin mengalami keracunan makanan dari dapur Anda sendiri kan?

4. Menggunakan suhu yang tepat

Untuk menghasilkan masakan daging yang lebih empuk dan lunak, United States Department of Agriculture (USDA) menyarankan untuk menggunakan suhu 74 deraja Celcius. Lebih panas daripada angka tersebut menyebabkan daging menjadi kering.

5. Gunakan Thermometer

Sulit memastikan apakah daging yang dimasak sudah matang secara merata hanya dengan melihat tampilannya sepintas. Gunakan termometer khusus untuk memasak bila ingin memeriksa apakah bagian paha atau dadanya yang tebal sudah matang.

Sekian tips dan trik memasak ayam. Selamat mencoba.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s